Sabtu, 19 Mei 2012

Mengenang Meresapi Lebih Dekat

Sadarkah kalian semua wahai generasi 92,93,94 bahwa film anak-anak yang dibintangi Sherina Munaf diam-diam menjadi film layar lebar Indonesia terbaik pertama yang pernah kita lihat dulu (setidaknya itulah yang saya rasakan sebagai anak kecil). Film yang berjudul Petualangan Sherina ini berbeda dengan power rangers, dragon ball atau baja hitam rx yang sedikit banyak memberi pelajaran bahwa 'selesaikanlah masalah dengan keroyokan'. Walaupun pada dasarnya 'pengeroyokan' dalam film-film tersebut mempunyai maksud sama-sama mengajarkan persahabatan. Tetapi film yang muncul pertama kali di layar lebar pada tahun 2001 ini lebih banyak mengajarkan dan memberikan pesan-pesan yang baik. Sangat baik. Dan inspiratif yang mudah dicerna oleh anak kecil yang polos. Sangat polos.

Selain lewat adegan dan dialog antar tokoh. Pesan-pesan pada film tersebut juga disampaikan lewat lagu. Cara yang Elfa Secioria dan Mira Lesmana lakukan selaku produser musikal pada film ini saya nilai sangat baik karena terbukti tidak sedikit anak-anak dari generasi saya (yang tentunya sekarang sudah tua) yang masih mengingat judul lagu, lirik atau minimal nada dari lagu-lagu yang dibawakan Sherina pada film Petualangan Sherina ini.

Rasanya seperti menemukan harta karun Davy Jones! Ternyata kaset dan VCD Petualangan Sherina milik saya masih ada di kotak kumpulan VCD masa kecil berkumpul bersama VCD Trio Legendaris masa kecil. Trio Kwek-Kwek. Pada era itu dong dan ngeh, syukur-syukur apal lagu mereka, mempunyai kaset dan VCD mereka merupakan tolak ukur kegaulan dan simbol eksistensi di jagad dunia anak-anak satu SD.

Jagad dunia masa kecil tetaplah jagad yang paling menyenangkan. Kita bagaikan hidup di dunia tanpa dosa. Bersahabat dengan siapa saja tanpa rasa prasangka. Tanpa stereotipe. Tanpa curiga. Persabahatan dilukiskan cantik pada lantunan lagu Persahabatan yang dinyanyikan Sherina pada salah satu adegannya. 


Setiap manusia di dunia

Pasti punya kesalahan
Tapi hanya yang pemberani
Yang mau mengakui

Setiap manusia di dunia
Pasti pernah sakit hati
Hanya yang berjiwa satria
Yang mau memaafkan

Betapa bahagianya
Punya banyak teman
Betapa senangnya

Betapa bahagianya
Dapat saling menyayangi

Mensyukuri karunia-Nya


Lagu yang ceria. Lagu yang mudah diingat 'isi' nya. Indonesia butuh lagu-lagu seperti ini. Semua orang bisa mengganti apa saja yang ada dan terjadi dalam hidupnya. Dari sempak, rumah, mobil, baju, kebiasaan, kekasih dll. Tapi lagu ini berpesan bahwa ada satu di kehidupan manusia yang susah bahkan mustahil untuk diganti yaitu teman. Sesuai akronim dari teman yang menurut saya Tentrem lan gawe nyaMan.

Pesan tidak terhenti sampai di situ. Lihatlah Lebih Dekat, salah satu lagu yang menjadi OST andalan di film Petulangan Sherina yang menurut saya adalah lagu yang berisi syair kepahlawanan. Lagu ini cocok dijadikan lagu selamat pagi di sekolah-sekolah, instansi-instansi supaya kita sadar kanan-kiri. Bahkan di gedung pemerintahan sana saya kira perlu, supaya yang jadi wakil tidak hanya memikirkan Jawa dan Jakarta sebagai Indonesia. 


Pergilah sedih
Pergilah resah
Jauhkanlah aku dari
Salah prasangka 
Pergilah gundah
Jauhkan resah
Lihat segalanya lebih dekat
Dan aku bisa menilai lebih bijaksana (Dan kau bisa menilai lebih bijaksana)

Mengapa bintang bersinar
Mengapa air mengalir
Mengapa dunia berputar
Lihat segalanya lebih dekat
Dan aku akan mengerti (Dan kau akan mengerti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar