Jumat, 04 April 2014

Sheila On 7 Feat Oni and Friends, and SMM 11 Yogyakarta Orchestra - Econostra 2014

Music.Jogjanews.com - Konser orkestra bertajuk ECONOSTRA ini diselenggarakan oleh ESB, komunitas musik Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada pada Minggu (16/2).

Untuk menyajikan konser orkestra yang apik dan epik, ESB bekerja sama dengan beberapa musisi ternama Yogyakarta seperti Oni Krisnerwinto bersama Oni&Friends, Sheila On 7, Batiga, Kelompok Paduan Angklung ESB dan kelompok orkestra Sekolah Menengah Musik Yogyakarta.

Konser orkestra yang akan digelar di Grand Pacific Hall Yogyakarta ini merupakan konser kolaborasi berbagai artis dari berbagai genre dengan orkestra. Musik-musik orkestra memang dikenal sebagai musik yang berat.

Di runtut dari sejarah musik klasik, orkestra biasanya membutuhkan banyak sekali instrument yang berbeda dalam mengiringi sebuah komposisi. Seperti Ein Heldenleben karya Richard Strauss memerlukan 64 alat musik gesek, 13 buah alat musik tiup, lima buah perkusi, dua buah alat musik petik, dan 18 bras.

Melihat hal ini ECONOSTRA hadir dengan konsep untuk membuat musik orkestra lebih dapat “terasa ringan” di telinga masyarakat khususnya masyarakat Yogyakarta. Tanpa mengurangi segi kualitas dan musikalitas, orkestra yang disajikan dalam ECONOSTRA akan disusun sedemikian rupa sehingga penonton dapat merasakan indahnya musik orkestra dengan cinta dan kesederhanaan.

Fatoni Tahar Hidayat selaku panitia ECONOSTRA mengatakan, perpaduan antara Sheila On 7 dan  Oni Krisnerwinto bersama Oni&Friends sengaja dipilih karena Sheila On 7 adalah band pop Jogja yang sudah lama hadir di dunia musik tanah air dan terkenal dengan lagu-lagu yang sederhana dan “merakyat”.



Sementara kemampuan Oni Krisnerwinto sebagai arranger yang hebat sudah tidak perlu diragukan lagi., Oni Krisnerwanto bersama Oni&Friends akan mengaransemen lagu-lagu karya Sheila On 7 ke dalam format orkestra.

Oleh karena itu kolaborasi ini akan menghasilkan konser musik orkestra yang dapat menggeser stereotipe yang melekat pada musik orkestra yang berat dan melelahkan menjadi musik orkestra yang ringan dan nyaman di telinga dan hati penikmatnya.

Pada Big Meeting Econostra, Minggu (12/1) di pendopo rumah Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UGM, Wihana Kirana Jaya, Oni Krisnerwinto mengatakan bahwa melihat konsep yang diusung, konser ini akan menjadi konser yang sangat “optimal”.

Adam Sheila On 7 menambahkan, konser ini tidak hanya mengandalkan kemampuan audio tetapi juga memperhatikan ranah visual.

Oleh sebab itu mengingat akan ditampilkannya kreativitas tanpa batas yang ditunjukkan oleh pelaku seni Yogyakarta dalam ECONOSTRA, konser orkestra ini patut diperhitungkan dan menjadi konser yang paling layak dinanti di awal tahun 2014. (sumber: http://music.jogjanews.com/category/features/feb-ugm-bersiap-gelar-econostra-konser-kolaborasi-so7-dan-musik-orkestra-onifriends)

Sheila On 7 Feat Oni and Friends, and SMM 11 Yogyakarta Orchestra - Econostra 2014


















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar